Breaking News
recent

Tips Hemat Battery



Mengapa ponsel android boros baterai ?

Ponsel android merupakan salah satu OS handphone yang paling boros penggunaan baterainya. Itu karena di android begitu banyak background proccess alias aplikasi yang berjalan dibelakang layar sehingga akan banyak menguras suplay baterai itu sendiri.

- Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

- Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, dan melakukan sinkronisasi

- Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.

- Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.

- Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”

- Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

- Terlalu sering menggunakan Task Killer. Tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan task killer juga bisa menyebabkan baterai boros.

- Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. sebab dengan hadirnya fitur canggih yang tertanam pada ponsel tersebut maka pengguna akan cenderung menggunakannya secara terus menerus tanpa sadar bahwa aktifitas ini akan menguras baterai android anda.

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menghemat agar baterai ponsel android kita tidak boros ?

Nah agar baterai android tidak boros maka kita harus melakukan penghematan yang sedemikian rupa sehingga tidak akan sering malakukan charge baterai setiap saat.
Untuk menghemat baterai ponsel android maka kita perlu melakuan langkah-langkah berikut :

>>Charging
Usahakan saat men-charge batrei benar-benar dalam kondisi low(tapi tidak sampai habis,karena kalau sampai habis bisa menyebabkan battery drop) dan saat melakukuan charging usahakan sampai batrei benar-benar penuh baru di cabut. Ini adalah hal paling dasar dan berlaku pada semua jenis handphone.

>>Task Manager
Gunakan aplikasi task manager baik bawaan andorid maupun aplikasi third party seperti systempanel yang dapat di download di android market. Task manager berguna untuk mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh system. Seperti game, browser, atu aplikasi lainnya yang tidak sedang anda pakai.

>>Toggle Switch
Walaupun aplikasi ini biasanya bawaan handphone android, namun terkadang ada yang tidak menyertakannya. Penting untuk mendownload aplikasi ini untuk mengontrol (on/off) paket data, Wifi, GPS, Blutooth, tathering dengan sangat mudah, karena aplikasi ini memiliki widget khusus yang dapat diletakan di desktop android kesayangan anda.





Matikan GPS,WIFI dan bluetooth kl tidak diperlukan.

Matikan profil getar dan kecilkan suara dering. Getar dan besarnya volume
dering jelas memerlukan energi yang cukup besar.
Tapi bagaimana kl kita membutuhkan getar pada saat-saat tertentu??
pada saat kerja dilapangan misalnya. tp pada saat sedang dirumah tentu
kita tidak memerlukan getar atau suara yang keras.
Solusinya otomatiskan saja dengan menginstal Auto Switch Profile,



Matikan Koneksi data internet jika tidak diperlukan.

Dengan cara menginstall APNDroid, Atau Juice Defender (free di market)
tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium
bagi yang benar-benar ingin menghemat batrenya!(coba cari di pasar malam)
aplikasinya ringan tapi lengkap dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam skali koneksi data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka, aplikasi ini mempunyai mode malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini akan menon aktifkan semua layanan koneksi data.


(Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu tergubung internet
sehingga layanan Push email!Push messegging, MMS akan berjalan tidak normal)

>>Brightness dan Contrast
Atur kecerahan layar anda seperlunya, jangan terlalu cerah selama anda masih dapat melihatnya, bakan disarankan serendah mungkin untuk daya taha batrei jauh lebih lama. (dengan menginstall toggle switch, pengauran juga dengan sangat mudah dilakukan di desktop).

>>Stabilitas Jaringan Provider
Jika handphone anda menduku 2G dan 3G, cukup setting dengan option ‘2G Networks Only’. Hal ini dikarenakan kualitas jaringan 3G di Indonesia masih belum stabil, sehingga perubahan otomatis antara 2G ke 3G maupun sebaliknya akan cukup meguras daya batrei anda. Jika sekedar telepon, sms, maupun browsing, 2G sudah cukup.

Taruh Handphone di tempat dimana sinyal dpt diterima dengan baik,jika kekuatan sinyal sangat rendah lebih baik posisikan pada flight mode.

>>Uninstall
Hapus program-program yang tidak begitu penting untuk android anda. Aplikasi AtrackDog dapat memudahkan anda untuk memberi tahu aplikasi-aplikasi ynag tidak berguna dan meminta konfirmasi anda untuk menghapusnya.

>>Syncronisasi
Setting manual untuk mematikan koneksi sinkronisasi pada Android gadget
Masuk ke menu Settings > Accounts & Sync > Uncheck Back ground data. Hal ini sangat dianjurkan dalam menghemat baterai dengan mengagalkan sambungan langsung data yang secara otomatis tersinkronisasi dalam Google Service.

Non Aktifkan Auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu
dalam sync. mungkin yang biasanya pake interval 15 menit di setting ulang
menjadi 1jam atau bahkan lebih lama lagi.

>>Screen timeout
Settinglah screen timeout agan secara normal. Jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Normalnya adala sekitar 30 detik – 1 menit.

>>Wallpaper
Minimalisir penggunaan live wallpaper yan telah terkenal menguras daya baterai. Gunakan Standrat wallpaper gambar, bahkana ada yang mengusulkan untuk menggunakan walpaper berupa pattern dengan warna gelap ataupun keabu-abuan,atau p
ilih wallpaper warna gelap/hitam warna hitam akan memerlukan arus energi yg lebih kecil dari pada warna-warna terang.

>>Matikan Animasi
Tampilan yang beranimasi (bergerak) memang terlihat indah, namun hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros. Untuk menghemat baterai Android, sebaiknya Anda mematikan semua fitur animasi, misalnya fitur live wallpaper.

>>Kecanggihan fitur Android
Nah setelah mendapatkan refrensi dari sebuah sumber terpercaya, bahwa kita harus megubah pola pandang kita yang windows minded maupun nokia minded tentaf tips nomer 2 di atas, ternyata andorid sudah dirancang lebih canggih daripada yang kita bayangkan.
Untuk menghemat batrerai android secara lengkap baik menggunakan apklikasi maupun tanpa bantuan aplikasi.




>>Gunakan sedikit mungkin Launcher
Semakin banyak launcher akan membebani prosesor dan ram.


>>Pakailah widget seminim mungkin (pilih yg dianggap paling penting)
semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan di background,shingga akan banyak menghabiskan ram yg ujung2nya akan ke daya batrei juga.


>>Usahakan gunakan Aplikasi2 yang mempunyai background warna hitam.
Contoh: chat --> trillian
browsing --> UC browser (night mode)
Facebook --> Tweetdeck
sms --> hancentsms (dengan theme hitam)
explorer --> astro/ root explorer
dll..


>>Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan
di background.


Sangat Tidak Disarankan!!
1. Selalu Mematikan Aplikasi yang berjalan di background dengan task killer
atau Andvance task Killer atau yang sejenisnya.
Alasan: System pada android adalah system yang cerdas, dia tau saat dimana
dia membutuhkan ram atau tidak, jika dia membutuhkan ram maka
scara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang udah tidak
diperlukan lagi.
Menutup Aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani
CPU dan ram ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. ini malah
akan membuat batre cepat habis.
Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi
android kebanyakan.


Masih Diperdebatkan!!
1. CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. biasanya dengan
menginstall Set CPU (root)
Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor msh diperdebatkan di forum
forum android apakah memang efektif ato tidak, ada sebagian yang mengangap
cara ini dapat menghemat batre ada sebagian malah mengatakan aplikasi
semacam ini gak berguna dan malah membuat batre smakin cepat habis.


Alasan yang mendukung:
- Dengan menurunkan Clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci
akan semakin kecil.
- Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya
pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang
tidur. pada saat itu tentu kita jelas2 sedang tidak memakai tlp jadi buat
apa Clock speed sebesar 1 ghz?


Alasan yang menolak:
- Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan enclair
(2.1) android mempunyai kemampuan memanagemen proci, ram, batrei dll yang
lebih baik. pada saat HP tidak dipergunakan, android secara otomatis akan
menurunkan energinya ke proci.
- Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai
malah akan memakan banyak batrei ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi
akan semakin menjadi boros.
- Buat apa kita membeli android 1 ghz yang mahal atau dual core namun pada 
ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.


Sumber: Berbagai macam
Unknown

Unknown

36 comments:

  1. makasi gan dah kunjungi blog kami :D

    ReplyDelete
  2. Wow info yg berguna buanget. Thx

    ReplyDelete
  3. slm kenal gan,mau tanya nih,,gimana kalau baterai android di ganti dgn daya yg lebih besar.contoh:1200mAh menjadi 1650mAh dgn menggunakan baterai acsesoris.apakah akan berpengaruh pada ketahanan komponen hp itu sendiri?terimakasih gan sebelumnya,

    ReplyDelete
  4. Salam kenal... Saya mau bertanya nih, kalau recharge battery Hp Android sebaik nya dlm kondisi mati atau hidup device nya? Trims....

    ReplyDelete
  5. gan kenapa tuh yah kalo misalx screen mati pasti signalku jg mati? ada yang blg karena memakai juice defender tp dak aku matikan msh tetap aja gitu tlong pencerahanx gan :)

    ReplyDelete
  6. apa bedanya task killer dengan task manager ?
    dipenjelasan sama-sama mematikan aplikasi yang tidak digunakan.

    ReplyDelete
  7. bagus banget nih infonya...

    @maroe : bantu jawab nih, dari pengalaman pribadi gak ada masalah coz aq pake Galaxy Ace dengan baterai accesoris 1800 mAh sampe sekarang baik2 saja. Pernah baca juga dibeberapa forum ada yang pake sampe 2100 mAh..

    @COMMANDOS : untuk recharge battery sangat disarankan dalam kondisi mati karena apabila dicharge dalam kondisi hidup sambil dipakai online, dll dapat mengurangi masa hidup baterai.

    ReplyDelete
  8. salam kenal gan.... saya mau tanya klo baterai samsung s advance bawaan nya kn 1500 mAH klo mau ganti jadi 2100 mAh bisa??? tolong d jawab gan...
    tq ya,.....

    ReplyDelete
  9. sama ada aplikasi yang hemat baterai gan klo ad kasih tau la...

    ReplyDelete
  10. @kim : jika cocok bisa saja...
    aplikasi hemat batre ada banyak di g play,salah satunya juice defender

    ReplyDelete
  11. Wahh,,,mantap pencerahannya...panjang gann

    ReplyDelete
  12. Nice Info Gan, kunjungi juga www.jogjabolic.com untuk jalan2 di toko online kami yang menyediakan perangkat jaringan komputer dan internet, cctv serta gadget. Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Kalau ada 2+1 aplikasi Battery Saver dalam satu tablet Androdi : Comodo battery Saver & 2x Battery Saver + Eco battery Overcharge ... apakah berdampak buruk atau positif, Bagaimana menurut Saran anda, apakah cukup 1 aplikasi penghemat battery saja ? Mohon di reply bisa juga SMS ke Saya di 0818-08999539. Ditunggu. Trims.

    ReplyDelete
  14. @forex : pakai hanya satu battery saver aja..tak akan pengaruh jika pakai 2 sekaligus,akan bentrok setting

    ReplyDelete
  15. Makasih masukannya...says may many a android saya (advanced s5e) wifinya kok bus aktif sendiri...thanks

    ReplyDelete
  16. agan2 semua, mhon pencerahan. saya pakai galaxy ace3. dengan ram yg 1 GB ckup untuk menginstal berbagai aplikasi. tp kendala yg saya alami adalah drive "System" hanya tersisa sekitar 2 persen dr space asal 1,3 gb. mohon pencerahan solusinya, tengkiu

    ReplyDelete
  17. apakah launcher 3rd party bisa bikin baterai boros dibanding launcher bawaan ui sprti touchwiz u/samsung?? Kalo ada launcher 3rd party yg ringan dan ga boros apa ya??

    ReplyDelete
  18. SHARE BAGI PENGGUNA ANDROID (gak baca nyesal)
    Pengguna android pasti sudah tidak asing dengan aplikasi whaff reward ?ya whaff reward adalah aplikasi yang memberikan kita dollar gratis ($) dari aplikasi yang kita download dari playstore melalui aplikasi whaff.
    Dollar yang kita dapatkan bisa langsung ditarik ke rek paypal/ATM kita, mumpung nilai tukar dollar 1$ = Rp. 12rb lebih. Saya sudah dapat 37$ dalam dua minggu ini.
    caranya :
    1. download aplikasi "WHAFF REWARD" di google playstore hp anda
    2. buka, kemudian login
    3. setelah itu masukkan kode AJ23342 (copy) untuk mendapatkankan saldo pertama anda sebesar 0,30$
    4. kemudian download aplikasi yang disarankan aplikasi Whaff rewards sekitar 0.10 - 1$ per aplikasi yang didownload.
    setelah dollarnya sudah terkumpul, bisa langsung ditarik dengan memilih menu exchange.
    ayo tunggu apalagi, saya sudah dapat 37$ baru gabung 2 minggu.
    "jadilah smart dengan memanfaatkan smartphone anda"
    INFO LENGKAP => http://vzturl.com/asx17

    ReplyDelete
  19. siph ,terima kasih buat solusinya dan semoga sukses

    ReplyDelete
  20. :D, thanks for the info,,

    ReplyDelete
  21. Terima kasih banyak artikel anda sangat membantu :D, Titip back link ya gan silahkan kunjungi tutorial android www.iniandroid.com

    ReplyDelete
  22. Memang benar mas untuk irit baterai memakai set cpu masih belum tentu, tp kalau untuk mendinginkan HH kita sih memang benar² terbukti di HH ane mas.

    ReplyDelete
  23. ada tips hemat uang gak? :v Stalker IG Kita

    ReplyDelete
  24. sip sih ini gan .. postingan yang bermanfaat
    solder uap

    ReplyDelete

Powered by Blogger.