Breaking News
recent

Tips Defrag Di Android


Apa itu Defrag?
Defrag, adalah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan meng-optimasi kecepatan kerja komputer. Bisa juga dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk. Defragmenter disebuah komputer berguna untuk menata ulang struktur penempatan data pada hard disk dan akan mengurutkannya sesuai dengan alphabetic mulai dari track awal sampai track akhir. Dengan begitu, proses pembacaan data melalui head pada disk akan lebih cepat dari sebelumnya karena head tidak perlu lagi meloncat dari satu track ke track lain untuk membaca data. Jika di Logikan, "Seandainya kita mempunyai beberapa kertas yang bertumpuk dimeja kerja yang kondisinya berserakan dan tak berurutan yang diakibatkan kegiatan kerja kita sehari-hari maka proses defragmenter inilah yang akan menata ulang kertas-kertas tersebut dan mengurutkannya sesuai dengan nomor halaman, judul dan membuatnya tertata rapi di meja kerja. Nah dengan begitu tentu akan mempercepat kinerja kita untuk mengambil dan mencari informasi di kertas tersebut". Atau contoh lain, Ibarat disebuah perpustakaan (Harddisk), pasti ada banyak buku-buku di dalamnya (data-data). Ketika kita masuk dan membaca buku disana, kadangkala buku yang kita ambil itu terbalik, tempat untuk mengembalikan buku tertukar, halamannya semrawut, bukunya berantakan, dan ada juga buku yang sobek dan rusak. Nah, jadi kita harus merapikan (Defrag) buku-buku tersebut agar kita lebih mudah dalam mencari buku-buku yang ingin dibaca. jika disebuah komputer Proses Defrag ini biasanya dilakukan pada sistem operasi Windows agar meng-optimalkan kinerja pada harddisk


Bagaimana dengan Defrag disebuah OS android? bukankah Android itu berasal dari OS Linux? dan setau kami struktur file pada Linux ini bersifat Hierarki dan tersusun rapi jadi tidak perlu mendefragnya,apakah benar demikian? Tapi kami menemukan sebuah Aplikasi Android yang berhubungan dengan hal tersebut,namanya "Android Defrag Pro". Aplikasi ini berguna untuk :
1.Mengahapus History Internet
2.Membersihkan Chache Memory
3.Mengahapus Corupted File
4.Membebaskan Memory RAM
4.Memacu kinerja
Untuk info lengkapnya bisa dilihat di Play Store "Android Defrag Pro"
Berikut Tampilan dari Aplikasinya :


Pertama kali kita membuka aplikasi Defrag ini maka akan disuguhkan dengan tampilan Lanscape layar seperti diatas (otomatis). Disana terlihat ada dua pilihan,yaitu Phone memori dan SD Card (jika SD Card kita terpasang di Android). Untuk memulai defrag tinggal pilih lokasi mana yang akan kita defrag,sebagai contoh kita memilih Phone memory,maka tampilannya seperti dibawah ini :


Pada gambar diatas akan terlihat proses defragmenter lagi berjalan,tunggu sampai selesai.File-file diatas terlihat berserak dan tidak rapi maka dengan proses ini file-file tersebut akan disusun menjadi rapi dan disesuaikan dengan urutannya.


Jika sudah muncul tampilan seperti ini maka proses derfargmenter pada android telah selesai. Silahkan defrag bagian yang lain jika diperlukan. 

Aplikasi ini tersedia di Android Play Store dengan dua Type, Yaitu Free dan Versi Pro ,Untuk contoh yang diatas kami menggunakan versi Pro.

Download Android Defrag Pro (Disini)

Nb : Bagi pembaca yang mahir dan sangat memahami system defragmenter di Linux atau Android silahkan berbagi disini,apakah Defrag itu benar-benar diperlukan diandroid atau tidak.

Sumber : Pribadi, Android Defrag Pro, dan dari Berbagai macam sumber





WhiteDroid

WhiteDroid

5 comments:

  1. min, aplikasi ini kan katanya ada clear ram kan ya?
    nah ane kan pake mugen power battery calibration,,
    mugen power bakal ga aktip klo ram HH di clear,,
    nah yg jd pertanyaan ane, klo pake aplikasi defrag ini bakal pengaruh sm mugen power ane ga? atau mugen power ane masih bs aktif meskipun gunain software ini?
    makasiih min,..

    ReplyDelete
  2. .:. nice info om,, terus share ilmu nya ya om..
    trims

    ReplyDelete
  3. Refer ke link ini: http://www.androidpolice.com/2012/07/08/psa-no-you-dont-need-to-defragment-your-android-device-and-yes-android-defrag-apps-are-nothing-but-a-scam/

    Proses Defrag di Android itu sebenarnya tidak perlu, bahkan bisa mengurangi umur (cycle) flash memory. Karena pada dasarnya kecepatan baca flash memory tidak begitu berpengaruh dengan fragmentasi data.

    ReplyDelete
  4. Kalo menurut saya tidak perlu sob krna android tidak butuh perwatan lebih seperti pc, "Android adalah ponsel pintar" ...

    ReplyDelete
  5. http://obengplus.com/articles/1383/1/Defrag-Android-memory-hati-hati-cuma-scam.html#.VAfu9aN_fb8

    ReplyDelete

Powered by Blogger.