MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID



Berawal dari sebuah Kasus yang terjadi pada diri saya yaitu : Pada saat bekerja secara tak sengaja saya menjatuhkan baterai Galaxy Nexus kelantai,ini terjadi  dikarnakan ketidak hati-hatian saya dalam bekerja. Pada saat itu saya belum berfikir akan terjadi kerusakan pada baterai Galaxy nexus tersebut sehingga pada saat dipasang dan dihidupkan, jreeng…Galaxy Nexus tersebut tidak bisa dihidupkan, dan pada saat saya ujicoba di colokkan ke Laptop tetap tidak ada input atau tanda tanda kehidupan dan begitu juga pada saat dicoba di charger hasilnya tetap nihil,tahukan anda kenapa bisa begitu? Yuk kita bahas segala sesuatu tentang baterai Smartphone android disini.
Ada beberapa Faktor penyebab rusaknya baterai :

  1.   Faktor Dari Baterai
·        Usia
Pemakaian yang lama atau usia baterai yang sudah lama juga termasuk penyebab rusaknya baterai smartphone android. Biasanya berkiasar antara 2 tahun keatas.
·        Limit Pemakaian
Kadang ada batas limit pemakaian dari pihak produsen Smartphone, umpama dibatasi sampai 3 tahun. Kalau dalam bahasa lainnya sudah kadaluarsa.
·        Limit pengecasan
Kadang ada batas limit pengecasan dari produsen, umpama sebuah baterai smartphone tersebut dibatasi sampai 1000x, dan jika seumpama lebih dari yang dibatasi itu tentu akan bisa merusak atau membuat baterai drop.
·        Baterai Palsu
Baterai palsu atau baterai yang tidak original tentu akan sangat berbeda peformanya dibanding baterai yang asli. Biasaya ketahanan dari baterai tersebut sangatlah rendah.
·        Kerusakan Fisik
Terjadi kerusakan pada fisik baterai,seperti baterai bocor,berlubang atau pecah ini bisa terjadi oleh faktor human (manusia).
·        Baterai yang salah kontruksinya
Ini terjadi memang dari pihak produsennya,kenapa? Bisa saja pada saat pembuatan smartphone tersebut diisi oleh pihak produsennya dengan baterai yang kurang pas atau bahkan pembuatan baterainya yang kurang baik,biasanya ini jarang terjadi.


 2.   Faktor Manusia
Faktor manusia juga sangat menentukan kerusakan pada baterai smartphone kita, kenapa? Yuk simak pembahasan berikut.
·        Waktu mengecas terlalu cepat
Kurang sempurnanya waktu pengecasan juga bisa membuat menurunkan kinerja baterai, umpama kapasitas baterai kita diwajibkan isi penuh sampai 3 jam, tapi kita malah sering mengecas hanya beberap menit atau hanya sebentar.
·        Waktu mengecas terlalu lama
Ini adalah kebalikan dari poin yang diatas, biasanya kebanyakan baterai smartphone batas maximalnya sekitar 8 – 12 jam saat charger selebihnya bisa membuat baterai soak atau menurun peformanya,lama kelamaan bisa membuat baterai tersebut mengembung seperti orang hamil ^_^. Memang saat ini sudah ada sebagian dari smartphone yang sudah memiliki teknologi yang mengatasi masaalah tersebut, cara kerjanya bisa dengan membuang energi yg masuk ke baterai pada saat baterai tersebut sudah penuh,tapi bagaiamana dengan teknologi di smartphone kita jika belum seperti itu? Alangkah baiknya kita berjaga-jaga demi kebaikan.
·        Sering Cabut pasang
Kadang kita sering cabut pasang charger ke smartphone kita, mungkin karna ada keperluan atau hal-hal lain.perlu diingat hal seperti ini juga bisa membuat peforma baterai kita menurun.
·        Waktu mengecas yang kurang tepat
Untuk mengecas smartphone itu sangat disarankan pada saat baterai smartphone kita tinggal 30% kebawah. Kadang kebanyakan dari kita mengecas android pada saat baterai masih sangat banyak,umpama masih <30% ini juga tidak baik untuk kebaikan baterai kita.berikut tips tentang masalah ini :
¨ Chargerlah Smartphone anda pada saat kapasitas dayanya tinggal >30% (dibawah 30%).
¨      Pada saat mengecas sebaiknya smartphone anda dimatikan.
¨      Biasakan mengecas sampai indikator baterai penuh.
·        Dipakai sambil kerja
Banyak dari kita sering memakai smartphone pada saat lagi di charger, seperti sambil nelpon,game atau bahkan online. Taukah anda hal tersebut akan banyak mempengaruhi pada hardware smartphone kita? Ada beberapa penyebab yang bisa ditimbulkan salah satunya overhert atau panas berlebih,kenapa bisa? Karena pemaksaan kinerja smartphone pada saat mengecas akan menyebabkan panas pada smartphone kita. Hal ini juga akan membuat kinerja baterai kita meningkat karena terpaksa dan tentu hal ini juga bisa membuat baterai kita cepat rusak, dan selain itu juga bisa membuat hardware didalam smartphone kita rusak kenapa bisa? Sebab,komponen dari perangkat digital termasuk smartphone terdiri dari ribuan IC yang digabung untuk membentuk Chip. Dan IC tersebut dibentuk dari ribuan komponen yang aktif, sedangkan komponen tersebut sangat rentan panas, jika ada panas yang berlebih lewat dikomponen tersebut maka bisa membuat komponennya rusak. (Untuk mengetahui masalah ini bisa baca dasar-dasar elektronik dan elektronika digital).
·        Baterai sering dicas pada saat kosong
Kadang dari kita sering membuat baterai sampai benar-benar kosong baru di charger,taukah anda hal tersebut juga bisa merusak baterai?
Jika baterai sampai benar-benar kosong karena pemaksaan dari kita untuk menghidupkannya yang berulang bisa karena keperluan atau listrik mati maka kemungkinan baterai tersebut bisa kehabisan daya dan bahkan bisa benar-benar mati. Hal tersebut apabila dicas kembali bisa membuat waktu yang lama sehingga membuat kinerja baterai yang lebih berat,dan kadang hal tersbut bisa membuat baterai benar-benar mati dan tidak bisa dipakai lagi jika sebelumnya baterai smartphone tersebut sudah agak lama.
·        Faktor Charger yang tidak tepat
Ini sebenarnya juga termasuk dari kesalahan dari manusia itu sendiri,sebab tidak menyesuaikan standar yang telah ditentukan oleh pihak produsen. Berikut kemungkinannya :
Ø     Menggunakan alat pengecas yang tak sesuai
Kadang kita sering memakai charger yang bukan kepunyaan dari smartphone itu sendiri, contoh : charger dari BB juga bisa dipakai di Smartphone android. Sering dari kita mengabaikan hal ini padahal kita belum tau dengan pasti berapa standar dari masing-masing chargey arus,tegangan atau daya yang sesuai untuk smartphone kita.
Ø    Menggunakan Charger yang tidak original
Seandainya baterai kita membutuhkan tegangan 3.7 sampai 5 Volt DC dan sekian miliampere untuk pengisian, lalu kemudian si Charger yang tidak orisinil memberikan tegangan dan ampere melebihi batas yang di sudah ditentukan bagaimana menurut anda?, mungkin proses ngecas jadi lebih cepat dari yang standar tapi saya yakin baterai akan lebih cepat panas.
Ø   Menggunakan Charger yang telah rusak

·        Faktor kurang hati-hati
Kadang dari kita sering mengabaikan keamanan smartphone kita, sering dari kita bongkas baterai android dengan kurang baik, dan bahkan kadang kita kurang hati hati dalam mengamankannya, seperti : terjatuh, terhempas,masuk air atau terlindar, Hal tersebut bisa membuat baterai konslet,pecah atau bahkan rusak parah.
·        Keliru menghubungkan Charger
kita sering menghubungkan charger ke Smartphone tidak sesuai dengan petunjuk yang benar. Kadang kita tidak memperhatikan hal tersebut padahal juga termasuk fatal, kenapa? Begini, kita sering menghubungkan charger terlebih dahulu ke smartphone setelah itu baru di hubungkan ke stop kontak atau sumber listrik pada kita tidak menyadarai ada bahaya disana. Taukah anda pada saat charger dihubungkan ke sumber daya akan ada tegangan kejut dan arus yang besar pada charger atau bisa dinamakan inrush current meskipun sudah dipasang pembatas arus dan tegangan pada rangkaian charger baterai kemungkinan itu akan tetap terjadi, bayangkan jika arus yang besar itu masuk ke dalam baterai (silahkan dibayangkan), maka lama kelamaan akan terjadi kerusakan pada baterai. Lakukanlah pengecasan dengan cara menghubungkan charger dengan stop kontak atau sumber daya listrik terlebih dahulu hingga beberapa detik agar tegangan kejut maupun inrush current sampai benar-benar stedy state atau dalam masa keadaan tunak baru arus dan tegangan akan stabil kembali, tidak perlu lama-lama cukup 3 detik sampai 5 detik saja baru kemudian hubungkan cahrger baterai pada baterai yang sebelumnya sudah terhubung pada sumber daya listrik. Dengan begitu kita akan meminimalisir kemungkinan baterai ngedrop ataupun rusak.


 3.   Faktor dari Smartphone
Setingan yang memboroskan baterai :
·        Setingan Dual band, Maksudnya otomatis pilihan WCDMA dan GSM (untuk mengetahui masalah ini bisa baca artikel kami “ “
·        Bloetooth,wifi lupa dimatikan
·        Berlama-lama bermain Game,Online atau membuka aplikasi yang berat secara bersamaan dengan waktu yang lama
·        Menyalakan Smartphone nonstop sampai habis baterai.
·        Menyalakan Live Wallpaper, dll
Sebenarnya banyak hal yang bisa membuat baterai boros,saya hanya menerangkan bagian-bagian yang umum saja. Sebenarnya poin ini tidak terlalu banyak mempengaruhi baterai,tapi perlu diingat jika kinerja baterai dengan maximal secara terus-menerus tentu juga bisa membuat penurunan kinerja pada baterai.

Adanya kerusakan Pada Smartphone :
·    Terjadinya kerusakan pada bagian penguat antena (PA), ini bisa karena karat, putus jalur, atau kerusakan yang lain disekitar ini, biasanya hal ini akan membuat terhambatnya koneksi pencarian sinyal atau tersendatnya sinyal yang masuk kedalam smartphone, dan hal ini tentu akan membuat kinerja baterai sangat maximal sehingga akan sangat menguras tenaga baterai kita.
·        Gangguan pada charger konektor
Terjadinya gangguan atau kerusakan pada charger konektor juga akan membuat kerusakan pada baterai kita. Hal ini bisa terjadi karena karat, korosi atau sebab yang lain, sehingga pengecasan akan menjadi kurang sempurna dan kurang optimal.
·   Dan Kerusakan lain  yang bisa menyebabkan pemakaian baterai yang boros.

Tanda-Tanda Baterai Mulai Ngedrop :
1.   Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakain lama maka baterai tersebut masih prima.
2.   Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakaian yang singkat juga maka baterai tersebut sudah mulai aus/drop.
3.  Jika waktu mengecas lama dan waktu pemakaian juga lama maka baterai kita juga termasuk masih baik ,biasanya ini terjadi pada baterai smartphone yang sudah tua/lama.
4.  Jika waktu mengecas lama dan waktu pemakaian yang singkat maka baterai kita sudah mulai soak,segera ganti dengan baterai baru.


Sumber : Pribadi dan Berbagai macam sumber

Catatan : Bagi yang mau Copas info mohon tampilkan sumbernya ya ^_^ dan Bagi yang punya catatan atau bahasan yang lebih lengkap dari kami diatas mohon tambahkan dikomentar ya,kritik dan saran membangun akan kami terima dengan baik untuk kemajuan bersama.

________________________________________________________________
Untuk Belanja Online yang aman dan cepat, silahkan kunjungi http://www.droidstore-indo.web.id/ atau Follow Twitternya @Droidstore_indo Tersedia Sd card Class 10,Powerbank,Lensa tele,Softcase dan pernak-pernik android.      

59 komentar:

Reza Wiradana mengatakan...

min kalo usb tethering itu gimana?
kan sambil ngecharge

WhiteDroid mengatakan...

@reza : Hmm,,tetap ada pemborosan batre,walau masih tahap wajar

Yuwono Wibowo mengatakan...

Min, cara ganti market jadi play store gimana yaa? *maap diluar tema nih nanyanya ^_^

nababan mengatakan...

Min. Note gue ada masalah ni. Kalo dalam posisi idup di carger,, baterenya lama bgt full. Hamir 6 jam. Terus kao di chargerr sambil di pake,, baterenya malah bekurang. Bukannya nambah. Salah di mana sih min?? Gue pake samsun note

WhiteDroid mengatakan...

@yuwono : biasanya klw OS nya masih 2.1 memang g bisa gan :D
@nababan : normalnya memang bisa sekitar 4 jam an,klw dipake charger sambil online harusnya memang nambah tapi lambat,jd kemungkinan batremu memang sudah ad sedikit soak :)

Pebri Ramadhan Mas mengatakan...

mas mau nanya ,, hape ane girl young duos..
knpa kok inidikator battreynya ngecas terus walaupun chargernya udah di cabut..
mohon pencerahanya

Rivaldhi mengatakan...

Ad yg bsa bntu g gan?
Bluetooth tba" g brfungsi nh

P'cik Wied mengatakan...

klo pake power bank gmn min..? kan bukan charger aslinya jg..

Anonim mengatakan...

kalo ngecharge 6 jam baru penuh, bisa dibetulkan ga? dikalibrasi gt gmn crnya y?

Romynq Troy mengatakan...

Min. Kalo misalnya kita pakai charger ori tp kabel usbny kita gnti pki kabel usb milik power bank gt baik ngk, soalny kabel usb ori bawaan rusak. Kalo ngecasny pki charger ori yg beli baru lg itu trasa lama krg lbh 5 jam. Klo pki charger ori bawaan dgn kabel usb dr power bank itu sktar < 3 jam.. jd mna yg lbh bagus y? Saya pki samsung galaxy s3. Thanks.

EGi mengatakan...

Aq pake g.note 1 br ganti batre
Tp knp ya koq ga ngecas? Batre ori,charger ori.makasih

valdy_gamerz.blogspot.com mengatakan...

gan, HP saya kok full charge nya 99 ya ??

Susan mengatakan...

Gan, punya saya galaxy note 1. Jadi dari semalem saya cas dari 52% eh sampe td pagi juga segitu gitu aja. Trs saya pake buat main games, browsing, dll, saya baru engeh kalo gak berkurang masih aja 52, enak sih gak berkurang juga tp gak enaknya nanti takut ada efek jeleknya. Kira2 kenapa tuh gan?

Thyas Pramesthi mengatakan...

kenapa ya, banyak tab android yang batrenya non removable? takutnya kalo batre eror. merembet eror ke bodynya juga.
hanya galaxy note 1 dan galaxy note 2 aja yang batrenya terpisah.
kelemahan dan kelebihan batre non removable apa ya, Gan?
mohon pencerahannya.....

gracia dewi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
gracia dewi mengatakan...

batreku kok aneh ya,terakhir ngecharge itu sampe 100%
hbs tu gak diapa2in dlm waktu 5 menit tau2 batre tgl 11%
otomatis aku charge,eh dr 11% ke 100% itu cuma 3 menit
dan begitu seterusnya
pdhl jg itu lg gk q pake,cm datanya jalan trs
kr2 kenapa ya?dan apa solusinya.
thanksssss

Anonim mengatakan...

Cara hidupin bluetooth gimana ya?

Tuday Man mengatakan...

Mas Saya Mau Nanya.HP Saya Mito T150.Saya Charger Sekitar 6-7 Jam Tapi gak bisa saya nyalain lagi.Tolong Bantuannya Ya Mas

cassava green mengatakan...

makasih infonya gan,,,,

fajri dwi kurniawan mengatakan...

gan cari baterai tab dimana ya? buat tab smartfren?

Yosep kurniawa mengatakan...

Misi gan numpang nanya hp ane andromax u2 tpi kok waktu pengecasan cuma sekitar 2 jam, pas ane tanya temen ane yg pke andromax u2 juga dia bilang ngecas nya sekitar 3 jam. Mohon pencerahan nya gan makasih..

Bagus Widianto mengatakan...

Mas mau tanya, Hp saya kan android. Kemarin pas malam saya lupa charge gara" ketiduran, Trs pas pagi hp saya drop dan saya charge dan tidak bisa nyala sekali, Nyala nya paling-paling cuma ada gambar baterai trs ada lingkaran loading di tengah nya, tapi hbs itu mati lagi dan tdk terisi, Tolong kasih tau solusi nya mas. Thnks ;)

hamzah ancha mengatakan...

Baterai android saya kok ngecas padahal udah ga ngecas lagi. Tapi gabar baterainya naik turun dan ada gabr petirnya. Mohon bantuannya ya, makasih

Anonim mengatakan...

Min kenapa kok tablet ane samsung kok di charge malah muncul tanda silang???

bagus dharma mengatakan...

Pakai aja batre sesuka kalian kalau banyak pantangan di jamin gak bakalan puas pegang smartphone.

juni trio mengatakan...

knpa ya klo android di offkan batraynya tetap jalan selayaknya hp itu on min?

F.R. Ardiani Putri mengatakan...

min mau tanya samsung tab 3 saya lama banget di chargernya. bisa sampai 8 - 12 jam, biasanya cuma 2/3jam aja. itu kenapa ya?

Latif Setiawan mengatakan...

wah hp saya ko udh di cabut dari charger ko masih ngechas ya,,apa ya penyebabnya,, mohon bantuanya gan

Latif Setiawan mengatakan...

wah sama tuh sama hp saya

Mardiana Puji Lestari mengatakan...

Mau tny dong, hp sy klo dipasangkan pd carge baterai 100% alias penuh, tp klo dicabut kosong sm skali g mau hidup. Pdhl baru 1 bulan..

Thalib Cuakep mengatakan...

bang ane punya masalah sama baterai ane, gini kemarin kan hape ane tiba2 mati terus di hidupin kembali nggak bisa terus ane charger kembali nggak bisa ke isi, gua udah beliin baterai baru yg tipenya sama, gua udah pake sehari itu baterai tapi pas hari ke2 gua pake kembali hape gua gitu lagi bang mati lagi terus di cas lagi ngak bisa ter-charger, solusinya gimana nih bang ?

mulyono usman pranata mengatakan...

Ane punya vandroid tablet T5A kenapa saya chas lama fullnya terus masa batrynya cuman 38 atau 20% isinya sekian lama di chas atau jangka waktu yg di tentukan juga tidak full mohon pencerahannya

tony mengatakan...

Min kenapa p780 lenovo saya batrenya tahan 24 jam waktu cas cuma 2 jam full dari 20%

Anonim mengatakan...

Min kenapa lenovo p780 saya batreinya tahan 24 jam , pemakaian normal online jln terus, waktu pengecesan 2 jam dari 20%

wawan mengatakan...

Min htc rhyme saya dah 2 th lebih batreinya pakai normal online , chat, music mp3 kok cuma tahan 6 jam ya,

Photo Gallery mengatakan...

Keliatannya produk samsung, ada masalah dengan charger sama baterai ..buktinya beli 2 dalam waktu 2 bln dah tdk bisa ngecas semua ini note 10.1 ane hemmmph...

Gerry Zhou Fernando mengatakan...

Tolong pencerahannya, hp saya samsung s4. Waktu tak charge dalam keadaan mati tidak bisa mengisi bateray-nya, tetapi dalam kondisi hp nyala saya charge mau mengisi..
Mohon bantuannya gan...

MzMLord mengatakan...

gan mohon bantuannya sy punya hp samsung s4, klu posisi baterai tinggal 50% hp langsung mati, saat dicas indikator baterai mulai dari nol, permasalahnnya ada dimananya ya?

Chipx Gbitz mengatakan...

min mau tanya samsung tab 3 saya lama banget di chargernya. bisa sampai 8 - 12 jam, biasanya cuma 2/3jam aja. itu kenapa ya?

Muhammad Faris mengatakan...

Tanya min, jika waktu pengecasan kurang lebih selama 3 jam dan masa pemakaiannya selama 8 jam sebelum batrai habis. kira2 itu masih dalam kondisi bagus atau tidak ya batrainya ?

Arif Priyantoro mengatakan...

klau smartfphone android dicas malah muncul baterry overheat itu masalahnya apa?

Doddy Haryo mengatakan...

Bro Admin, ane punya masalah di samsung galaxy S, tiap dicharge, misal dari posisi 40%, seperti biasa muncul indikator proses pengecasan berlangsung, tapi setelah 1-2 jam, justru daya berkurang jadi 30%. Demikian jg kalo smartphone dlm posisi di-off-kan. Mohon pencerahannya ya min..

dina rosdiana mengatakan...

Min kalo tiba* di charge nggak bisa tp ketika dimatikan hp.nya bisa tersambung chargenya tp untuk disambungkan ke laptop datanya g keluar..itu yg mengalami kerusakan apanya ya min? trrima kasih sebelumnya

Nanda Arwanta mengatakan...

Gan apa OS ada pengaruhnya sama charger....soalnya GalGrand ane kemaren gk bisa diCharger sama sekali....trus ane coba Factory Reset....sekarang udah bisa tapi Full baterainya lama banget....Bisa sampek 8 jam....kondisi Hp mati.....no Root....

teLme mengatakan...

Nice info. ��b
Ane jdi ngerti knapa batre ane ngablu.
Sankyu min.

Anonim mengatakan...

Min saya bru bli s4 tp saat baterai msh 40% hp lngsung mti total....gmna cara ngatasinnya min?????

tegar bakti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
tegar bakti mengatakan...

min , android saya kan kalo di cas mau ngisi , tapi setelah beberapa persen batre nya ngurang , padahal tetep saya cas
itu knapa ya min dan bagaimana solusi nya
tolong di bales nya min
makasi

Jessica Tan mengatakan...

Kita sm :( . Gmn y bs ngatasi nya . Apa dlh di charger nya ?

Anonim mengatakan...

Android samsung mesti pake charger dan kabel khusus samsung....s4 sy pernah nge cas pake charger samsung tapi kabel data na yg biasa (bukn samsung). Malah ngga nambah daya nya. Pas pake kabel khusus samsung baru normal lg..

Firman Maulana mengatakan...

saya mau nanya,
kalo indikator baterai di hp saya jadi kayak gini gimana ya?
jadi ke-detect nya itu hp lagi dicharge, padahal enggak, jadi indikatornya nunjukkin 100% terus.
apa karena kena air ya?
hp saya galyoung jadul.

screenshoot: https://pbs.twimg.com/media/BlMclcgCIAAZhH9.png

Anonim mengatakan...

Min.hp saya s4.batre bawaan pbrik cepet ngedrop.ganti batre baru original tetep masalah sama.kira2 apa masalahnya ya?

Anonim mengatakan...

mas kalu ngga bisa jawab pertanyaan sudah ngga usah buka forum diskusi kasihan yang ngarep jawaban tapi ngga ada yang jawab. mendingan ditutup aja blognya mas ngabisin pulsa orang untuk hal yang sia-sia

opet mengatakan...

mau tnya , kalau samsung galaxy tab 7 plus kalau di charger tanda silang merah itu knp? trus ngk tau knp tbtb pas ngecharger masuk sih tp dayanya yg bertmbah trus ada perintah yg katanya " download os dpt mdptkan kritikan dan aplikasi yg telah terinstal. u/ download os pencet vol.atas dan u/membatalkan pencet vol.bwh" dan perinth itu ada pada saat tab mati dan ngk bisa nyala" smpai skrng. itu di sebebkan krn apa ? dan jg gmn cra memperbaikinya? harus kh os nya di download? apakah file" yg ada akan ttp tersimpan?

Rhenal Za Maulana Wongso mengatakan...

bang, ane kan baru beli Smartfren Andromax C kemarin, trus setelah di cas selama 4 jam, langsung nge drop baterai ny?? Padahal kan kata ny standar pengecasan hp baru tuh 4 jam?? Kira-kira gimana tuh?? Trims.

syahrheina feby mengatakan...

mau tanya kok saya klo ngecas biasa nya 1 jam lbh tp skrg belum 1 jam lebih udh ada tulisan 100%,,nah kan saya coba colokin ke kabel chas-an nya lg ehhh ternyata baterai nya belum penuh,,nah tapi kok td udh ada tulisan 100% nya????

Fachrul Nad mengatakan...

Min saya lg bingung ni min..kenapa ya saya bingung min...minn minta sedekahnya miin

abdulsalims mengatakan...

bro, mau tanya nih, gue udah beli batre baru karena batre lama gue udah bocor. pas make batre yang baru ternyata sama aja, cepet juga abisnya. udah coba kalibrasi tapi gak ada perubahan. kalau kaya gitu kenapa?

Anonim mengatakan...

menurut saya sih ga selamanya battery hp harus diperlakukan seperti point2 di atas untuk xperia m dicharge smalaman tidak masalah bahkan untuk meningkatkan kinerja battery harus sering2 dicharge. sumber http://userguide.sonymobile.com/referrer.php?region=id&product=xperia-m&utm_expid=74404620-6.kZiegLOTSZ-PdgPftT4z3g.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2F#!Battery.html

Poskan Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates