Breaking News
recent

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Gadget Android?

OS (operating system) Android adalah Sistem Operasi yang terbanyak dipakai ditablet dan smartphone hari ini, tidak heran banyak pilihan merk yang menjamur, mulai dari merk lokal sampai merk terkenal banyak menggunakan OS ini. Penyebabnya tidak lain karna kekomplitan fitur dan kemurahan dari gadget yang ber OS tersebut dipasaran. Sebelum membeli atau berkeinginan untuk memiliki gadget android sebaiknya perhatikan dan pertimbangkanlah beberapa hal dibawah ini :

1. Operating System (Sistem Operasi)


Kenapa sistem Operasi? maksudnya disini adalah pertimbangkan dan lihat dulu seri dari OS android tersebut,makin tinggi serinya maka makin baik dan stabil gadgetnya. pada saat ini seri tertinggi dipegang oleh ICS (Ice Cream Sandwith).


2. Ukuran Layar

Untuk ukuran layar sesuikan dengan kebutuhan dan keinginan saja.Umpamanya kita ingin smartphone yang simple,mungil dan ringan maka mungkin bisa kita pertimbangkan untuk membeli android yang berukuran layar kecil. Dan jika kita suka dengan layar yang luas dan enak dipandang tentu ukuran screen yang luas bisa kita pertimbangkan. Saat ini ukuran layar smartphone android terkecil 2,8 inchi,dan yang terluas dipegang oleh galaxy note yaitu 5,29 inch. Begitu juga dengan tablet mulai dari ukuran 7 inch sampai 11,6 inch. dan selain itu perlu dipertimbangkan juga resolusi dari layar perangkat android itu sendiri,makin tinggi dan rapat pixel nya maka makin baik dan bagus tampilan layarnya. contoh : resolusi layar 480x800 pixel akan lebih baik dari 320x480 pixel.

3. CPU

CPU (Central Processing Unit) dikenal sebagai Otaknya perangkat keras dari android.jika CPU kita ibaratkan dengan otak maka tentu semua kinerja dari perangkat gadget akan sangat tergantung dari kecepatan CPU itu sendiri. makin cepat dan tinggi CPU nya maka akan makin cepat dan mulus kinerja dari perangkat android kita. untuk saat ini perangkat android sudah mulai menggunakan processor quad-core  pada perangkatnya, contoh HTC One X.

4. Media Penyimpanan

Sebenarnya saat ini ukuran dari media penyimpanan sebuah perangkat android tak terlalu dipermasalahkan,kenapa? contoh begini, ada sebuah perangkat yang media penyimpanan internal (memory internal) berukuran kecil tapi toh tetap saja kita bisa menambah tambahan penyimapan di SD Card nya sesuai dengan kebutuhan. Tapi menurut hemat saya akan lebih baik media penyimpanan internalnya lebih besar karna proses write/read data akan lebih cepat dibanding dari external (SD Card).

5. RAM
RAM (Random Access Memory) juga merupakan aspek penting dari perangkat Android. Semakin besar RAM maka akan semakin baik kinerja Perangkat Android. Saat ini, yang paling populer adalah RAM 1 Gb. RAM sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan sementara, jadi jika ada aplikasi yang sedang terbuka itu akan memakai jasa RAM. masih bingung? 
Simplenya begini, kalau kita umpamakan memory internal itu adalah lemari buku,maka RAM itu boleh kita umpamakan sebagai meja tempat meletakkan buku yang sedang dibaca.

6. Layar Sentuh


 

Saat ini ada dua teknologi layar sentuh yang dikenal yaitu resistif dan capasitif. Layar Sentuh resistif sebenarnya  lebih akurat dari capasitiv (penggunaannya melalui tekanan jari atau kuku dan menggunakan stylus) akan tetapi sentuh layar sentuh capacitiv lebih baik karena lebih cepat daripada sentuh resistif dan juga memungkinkan fitur multi-touch.Jadi,untuk hasil terbaik maka pilihlah yang sudah berlayar capasitiv. Dan selain itu perangkat android juga terdiri beberap model :
1. Layar sentuh Full
2. Layar sentuh plus papan ketik
untuk pilihan diatas semuanya tergantung dari kita,jika kita masih ingin dan nyaman menggunakan papan ketik bisa pilih versi nomor 2. Kadang banyak dari kita belum bisa meninggalkan fitur ini.

7. Kamera dan Vidio



Untuk yang suka fotografi jangan lupakan fitur ini,ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kamera ponsel :


a. Pixel

makin besar ukuran pixel dari sebuah kamera tentu gambar yang dihasilkan semakin lebar,banyak orang menganggap kamera itu akan makin bagus jika ukuran pixelnya tinggi,padahal belum tentu demikian. Tapi yang pasti ukuran pixel akan sangat berpengaruh pada ukuran besar gambar yang mau dicetak. Sebagai contoh, jika terdapat sebuah ponsel yang memiliki kamera 2MP dan mampu mencetak gambar berukuran 6 x 4 inci dengan 300ppi. Ponsel pintar modern banyak yang menggunakan kamera 8MP dan kualitas di atasnya. Kebanyakan kamera tersebut mampu menghasilkan gambar berukuran 8 x 11 inci dengan 300ppi. Jadi, ukuran megapiksel sebuah kamera tak selalu menghadirkan kualitas gambar yang lebih baik. Dengan asumsi di atas, maka dua buah ponsel dengan kamera 2MP dan 8MP memiliki kualitas yang sama

b. Image Sensor

aktor ini adalah hal yang paling krusial pada sebuah ponsel kamera. Sensor gambar berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi sinyal elektrik, sehingga hardware bisa memproses dan mencetak foto digital.

c.Optik

Merek tak selalu menjamin kualitas. Terkenalnya sebuah merek tertentu bisa saja karena efek promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Sebuah optik yang berkualitas, akan memiliki tingkat kecacatan yang lebih sedikit pada gambar yang dihasilkan. Sayangnya, saat ini sangat sedikit optik berkualitas yang disajikan ke pasaran.

d.Led Flash/ Xenon Flash

Pencahayaan adalah hal penting untuk sebuah kamera. Jika berada di lingkungan yang gelap, maka akan dibutuhkan cahaya yang cukup agar gambar berkualitas. Hampir sebagian besar ponsel kamera yang beredar di pasaran memiliki LED flash sebagai penerangan atau pencahayaan. Selain itu, terdapat pula alat lain yang bisa digunakan, yakni Xenon flash, sebenarnya xenon flash lebih baik daripada led flash, tapi Sayangnya Xenon ini lebih boros energi, oleh karena itu Xenon jarang ditemui pada ponsel-ponsel sekarang.

Selain beberapa hal diatas perhatikan juga kemampuan rekam vidionya, saat ini sudah banyak perangkat android yang mampu merekam vidio sampai 1080P. semakin besar ukuran rekammnya maka akan semakin besar juga ukuran tampilan vidionya,prinsipnya hampir sama dengan ukuran pixel kamera yang sudah dijelaskan diatas.

8. Merek

kenapa merek? disini saya bukan menjelaskan lebih baik merek luar dari merek lokal.ada beberapa pertimbangan dalam memilih merek :
a. Cari perangkat yang mempunyai service center terbanyak.umpama disetiap kota ada,atau minimal ada dikota kita sendiri.
b Jika kita suka jual beli android maka merek juga jadi pertimbangan lebih karna banyak orang masih mau memilih beli merek dari pada fitur.

9. Harga

Harga juga sangat penting dalam pertimbangan membeli android,untuk itu perlu pertimbangan berikut :
a. Cari perangkat android yang lebih murah tapi mempunyai fitur setara atau lebih dengan perangkat android merek laen.saya tidak bisa memberikan contoh produk yang dibandingkan disini karna bukan iklan atau memihak terhadap sesuatu.
b. Carilah perangkat yang sesuai dengan dengan kantong anda.
dari beberapa faktor diatas sebenarnya ada banyak faktor lain yang mempengaruhi juga.tapi menurut analisa saya faktor diatas sudah menyimpulkan secara garis besar.

Nb : Buat agan/mastah yang punya saran silahkan kirim Kritik dan saran dikomentar dibawah ini.saran membangun akan sangat kami perlukan.

Sumber : Pribadi dan Berbagai Macam Sumber








WhiteDroid

WhiteDroid

13 comments:

  1. nice post gan...
    ane pernah beli android tapi nyesel bliny

    °˚˚ºo(•̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ (•̃͡-̮•̃͡)oº˚˚°
    follow back ya gan

    ReplyDelete
  2. Kalau Ane sih lihat harganya dulu, terus cpu ma RAM
    Harga yang Murah dengan dapur pacu yang lumayan bisa jd referensi buat beli Droid,,
    (pengalaman (Galaxy Young)

    ReplyDelete
  3. Maaf admin, Saya berkomentar hanya mau meminta maaf.
    karna saya selalu mengcopy artikel anda, tapi saya mengcopy artikel blog anda selalu memakai sumber ??

    tapi kalo gak boleh juga gapapa kok, saya ga akan mengcopy lagi :)
    saya hanya bisa MEMINTA MAAF Kepada Admin DroidIndonesia

    ReplyDelete
  4. nice post gan.
    jangan lupa mampir ya gan. :D

    galaxy-ilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. wah, ane dari dulu kpengin bgt bisa beli android.. tapi belum kesampean, btw nice info gan. siapa tahu bisa beli android besok besok.

    ReplyDelete
  6. yg paling penting menurutku poin terakhir, harga hehehehe

    ReplyDelete
  7. Dahsyat gan postingannya ∩__∩

    ReplyDelete
  8. thank's infonya, ngebantu biuuut....:)

    ReplyDelete
  9. Mending mana gan ??
    Hp (A) ram ny 1gb jellybean cpu quadcore mtk....
    Hp (B) ram 512 kitkat cpu quad core
    Mnurut agan yang mana ?

    ReplyDelete
  10. Kalau anggarannya terbatas sulit juga kalau harus memilih yang bagus,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.