Breaking News
recent

Internet Banking di Android, Mengapa Tidak ?


Dewasa ini pemanfatan teknologi internet sudah sangat luas dan tersebar,maka tidak heran banyak hal bisa diolah dan dilakukan didunia internet ini. Dahulu kala pekerjaan-pekerjaan kecil dan bahkan besar masih dilakukan dengan cara manual (Offline), sehingga menyulitkan orang-orang utuk mengakses sumber daya atau mengerjakan sebuah pekerjaan dengan skala cepat dan besar dalam meyelesaikan tugasnya.



Saat ini dunia Perbankan sudah sangat maju dan modern dalam mengolah datanya.Tidak heran perkembangannya begitu cepat sehingga memudahkan nasabah dalam mengakses data dan informasi yang terkait dengan perbankan,dan tentunya itu sangat terbantu oleh teknologi informasi dan internet, sehingga terbentuklah internet banking untuk memudahkan layanan terhadap nasabah-nasabahnya.


Internet banking adalah pemanfaatan teknologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet, sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan. Jadi dengan internet Banking kita akan dengan mudah terhubung ke internet untuk melakukan aktifitas perbankan seperti melihat informasi saldo, informasi rekening (seperti melihat buku), tranfers dana dan pembayaran-pembayaran.


Dalam perkembangannya, Internet banking sudah menyebar ke perangkat perangkat Smartphone, baik berupa aplikasi yang dibuat khusus ataupun bisa langsung diakses melalui Web Mobile di smartphone tersebut. Di tulisan ini kami berkesempatan menulis tips dan penjelasan tentang Internet bangking di android khusus untuk nasabah bank BRI, sedangkan untuk Bank yang lain, akan kami bahas dilain kesempatan.

Internet banking BRI di Android dapat diakses dengan 2 cara,yaitu :
1.Melalui Web Browser Android (Web Mobile)
2.Melalui Aplikasi Khusus dari pihak BRI

Berikut penjelasan tentang cara Akses Internet banking dari kedua cara diatas.

A. Melalui Web Browser
cara nya sederhanya saja, pertama kali kartu GSM/CDMA kita harus terdaftar di BANK tersebut. Pendaftaran ini hanya bisa dilakukan di Bank BRI melalui karyawan yang menangani bidang ini,dengan cara mengaktifkan data untuk internet bangking. Jika data kita sudah dimasukkan dan Kartu yang kita daftarkan sudah terdaftar maka tentunya kita sudah bisa memakai jasa Internet Banking melalui Web browser,baik melalui PC (Komputer) ataupun melalui Smartphone.

Pertama kali silahkan Buka Situs https://ib.bri.co.id/ Melaui Android

Ket Gambar :
a = Pertama kali web diakses
b = Setelah di klik Login (Seperti tertera di panah gambar a)
c = Setelah Login sukses

Tidak banyak yang harus kami jelaskan disini,sebab jika kita sudah sampai pada menu utama BRI maka semua fitur didalamnya tentu bisa di mengerti oleh para nasabah sebab hanya tinggal mengklik fitur mana yang akan kita pakai. Beberapa fitur yang kita dapat di ATM seperti Transfer,Cek Saldo,Pembelian,dan bahkan ubah data terdapat didalamnya. Jadi pertanyaanya,amankan jika kita menggunakan fitur ini?
Ya, BRI Internet Banking didisain dengan mengutamakan kemanan informasi pribadi dan keuangan kita.Berikut penjelasannya :

  • BRI Internet Banking menggunakan program Internasional Internet StAndard Security SSL 3.0 dengan sistim enkripsi 256-bit, suatu sistim pengacak informasi yang tercanggih saat ini, sehingga informasi pribadi & keuangan kita tidak dapat terbaca ketika melalui jaringan internet.
  • Kita juga akan diberikan User ID & Password yang unik, sehingga tidak ada duplikasi dan hanya kita yang mengetahuinya. Setiap kali Login, kita hanya diperkenankan mengulang User ID & Password yang salah sebanyak 3 kali sebelum akses tersebut diblokir untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.
  • Ada pengaman tambahan yaitu mTOKEN yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, bayar tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email.Kita bisa melakukan Permintaan mTOKEN di Internet Banking, setelah menyelesaikan Registrasi mTOKEN di Cabang BRI dan Aktivasi mTOKEN di Internet Banking.
  • Setiap transaksi yang diinstruksikan tidak akan diproses tanpa konfirmasi dan persetujuan Kita.
  • Setiap transaksi akan diberikan nomor referensi yang digunakan apabila ada pertanyaan atau terjadi suatu masalah yang berhubungan dengan transaksi tersebut.
  • Jika tidak terdapat aktivitas selama 10 menit, system secara otomatis akan mengakhiri (log-out) akses Anda untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak berwenang.






Apakah yang dimaksud dengan mTOKEN ?
mTOKEN adalah pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email.
Kita bisa melakukan Permintaan mTOKEN di Internet Banking, setelah menyelesaikan Registrasi mTOKEN di Cabang BRI dan Aktivasi mTOKEN di Internet Banking.

B. Melalui Aplikasi Android
Sebenarnya fitur inilah yang paling menarik yang kita bahas. Sebab kita tidak perlu repot membuka web browser melalui android dan tidak pula repot untuk meminta mTOKEN jika pemakaian sudah beberapa kali kita pakai. dan pertanyaannya,apakah aplikasi ini aman jika kita gunakan? bagaimana dengan keamanannya jika suatu saat Gadget android kita hilang? tenang,kita tidak perlu cemas,berikut fitur kemamanan yang sudah kami test dan ujicoba :

* Tentunya setiap Login diminta User ID dan Password Login,jika kita lupa me-
  Logout maka setiap 10 menit jika tak ada aktifitas.
* Aplikasi hanya bisa diinstall di Android yang sesuai dengan Kartu yang telah      
  kita daftarkan.
* Aplikasi hanya akan berjalan jika dikartu yang telah kita daftarkan.jadi jika 
  suatu saat android kita hilang,maka orang tersebut tidak akan bisa mengak-
  sesnya jika kartu kita tersebut dibuangnya atau jika mereka menggunakan 
  Kartu yang lain.
* Aplikasi yang diinstall hanya yang telah didownload melalui situs BRI.jika kita dapatkan diluar itu maka tidak akan ditolak


bagaimana cara menggunakannya?
Pertama kali kita Login ke https://ib.bri.co.id/ melalui browser. Silahkan Login dan sampai ke menu utama.Didalam menu utama ada fasilitas pelayanan nasabah,silahkan klik menu tersebut sampai terlihat seperti gambar dibawah


Lihat panah merah diatas, ada menu layanan nasabah dan diteruskan ke Menu disamping kiri bawah = "Daftar internet Banking BRI versi Mobile". Silahkan klik menu tersebut maka otomatis pihak BRI mengirimkan link download aplikasinya melalui SMS. perlu diingat,jika kita mendowload pada waktu itu melalui jaringan WIFI pastikan sinyal Provider kartu anda baik dan tidak hilang sebab data yang dikirimkan melalui SMS. Setelah notif SMS masuk,maka bisa langsung kita cek SMS dan buka link yang diberikan pihak BRI tersebut,maka otomatis diteruskan ke server aplikasi untuk didownload, tunggu beberapa saat sampai Download selesai.
Setelah aplikasi selesai didownload maka bisa langsung kita install dan seperti terlihat pada gambar dibawah ini : (Perlu diingat,sebelum kita membuka aplikasi BRI ini maka pastikan kita sudah melogout akses internet banking melalui Web Browser,sebab jika masih aktif disana maka pihak BRI tidak akan mengijinkan aplikasi kita input kejaringan)



Untuk pertama kali kita diminta untuk mendaftarkan perangkat kita ke pihak BRI,ini akan berguna untuk keamanan juga.Yang perlu diingat,pastikan pulsa kita cukup untuk meregistrasi aplikasi ini,minimal 500 rupiah.Setelah registrasi selesai maka kita lansung masuk ke menu utama aplikasi BRI. Seperti internet Banking melalui Web,maka banyak fitur juga disematkan disini,hanya beberapa bagian fitur saja yang dihilangkan oleh pihak BRI. silahkan lihat gambar



Banyak fitur yang tidak kami tampilkan disini,mengingat Full nya gambar ditulisan ini,seperti Pembelian Pulsa melalui Internet banking. Setiap kita mencoba Login melalui Aplikasi ini maka Pihak BRI otomatis akan mengirimkan email ke Account email yang telah kita daftrakan sebelumnya untuk memberitahukan bahwa kita telah menggunakan jasa internet banking lengkap dengan apa-apa yang telah kita buka di menu utama.ini akan sangat berguna juga untuk kemananan dalam memantau tabungan kita.

Nb : Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam menulis,info yang kurang akurat dan sebagainya. Silahkan berikan tambahan jika terdapat kekurangan dalam tulisan kami.

Sumber : Pribadi,BRI


WhiteDroid

WhiteDroid

20 comments:

  1. trims sudah memperkenalkan IB BRI,,

    ReplyDelete
  2. Wah mantabz nih...
    BRI memang bank terkemuka di indonesia...
    Bangga punya rekening di BRI sangat membantu sekali.

    Btw, kalo menggunakan nomor HP yg berbeda untuk sms bankng, internet banking, dan internet banking versi mobile bisa g?

    Kalo bisa gmn caranya?

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. @Fr-Studio : Tidak bisa gan,BRI hanya mengenali satu nomor yang sudah kita daftarkan di BANK BRI gan ^_^

    ReplyDelete
  4. Wuihh..mantep nih BRI tambah kagum ane gan!

    Eniwei, kenapa TOKEN nya tidak diperlukan lagi yah?
    Sistem nya seperti apa yah?
    Need inpo donk gan.
    :)

    ReplyDelete
  5. Kok saya nyoba gagal teru pdhl kartu sy terdftr di bri.

    ReplyDelete
  6. @anonim : token diperlukan untuk keamanan di web gan.di aplikasi berbeda cara keamanannya.

    ReplyDelete
  7. mantap dah, aplikasi yg usefull

    ReplyDelete
  8. gan mau tanya dung.... kalau ane mau ganti hp android cara longout dan cara daftar ulang gmn.....??? cos ane pernah coba nomer anda sudah terdaftar....

    ReplyDelete
  9. apakah koneksi internet bisa pake wifi, tidak harus dari koneksi simcardnya

    ReplyDelete
  10. Bonus untuk pengguna jasa ini apa gan? Dan apakah koneksiinternet bosa pakai wifi,tidak harusdari koneksi sim card gan???

    ReplyDelete
  11. Punya 2 rek, tab n giro berkartu dan sudah terdaftar m banking dengan 2 nomor. Nah hpnya tipe duos...gimana caranya biar aplikasi m banking bisa dipake 2 simcard gannn??? Help me.

    ReplyDelete
  12. cara mengganti nomor hp untuk sms banking gmn caranya mas? terima kasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
  13. Maaf saya sudah daftar tapi saya lupa ID saya dan Password saya, bagaimana penyelesaiannya ? Triamakasih

    ReplyDelete
  14. Kalau nomor yg sy daftarkan sudah tidak bisa di pakai itu gi mana?
    Apa saya msih bisa mengunakan internet banking? Trims:)

    ReplyDelete
  15. Kalau nomor yg sy daftarkan sudah tidak bisa di pakai itu gi mana?
    Apa saya msih bisa mengunakan internet banking? Trims:)

    ReplyDelete
  16. Min kalaw lupa id n pasword kaya apa tanpa mendatangin bank bri, mohon di kasih tau caranya trims

    ReplyDelete

Powered by Blogger.