Breaking News
recent

iCloud Untuk Android

Kalau Anda mengikuti perkembangan Apple atau setidaknya pernah membaca berita seputar Apple, ada kemungkinan besar pernah mendengar [iCloud] Sebenarnya apa sih iCloud itu? Pada artikel ini akan dijelaskan apa itu iCloud dan apa saja kegunaanya, juga apakah android memiliki fasilitas itu
Apa sih iCloud?
Cloud computing, atau komputasi awan merupakan sebuah sistem dimana perangkat iOS bisa lepas dari kabel dan tidak membutuhkan lagi iTunes untuk proses sinkronisasi. 
iCloud merupakan lanjutan dari MobileMe yang sudah tidak lagi dikembangkan oleh Apple.

Sebagai contoh, Anda punya iPhone, iPad dan sebuah Mac. Anda bisa membeli sebuah aplikasi di iPhone. Aplikasi yang baru dibeli, akan langsung diunduh oleh Mac dan iPad. Hal ini juga akan berlaku untuk musik, foto dan dokumen. Anda juga tidak perlu lagi mem-back-up lagi manual, karena iCloud akan melakukan back-up secara harian.
Nantinya aplikasi pihak ketiga bisa menggunakan iCloud. Hal ini tentunya akan menguntungkan pengguna iOS dan Mac OS X. Bayangkan kalau semua aplikasi iOS bisa langsung di backup, tidak akan ada lagi high score game hilang, dokumen yang tertinggal. 
Namun ada hal yang perlu diperhatikan, satu-satunya yang membatasi adalah bandwidth yang tipis, karena untuk saat ini hampir semua operator yang ada memperlakukan adanya system quota (kecuali operator s*art,quotanya besar sehingga seolah tidak ada quota)

Apa saja Fitur iCloud?
>> Musik di awan
Yang ini khusus akun iTunes yang mempunyai toko musik. Musik di awan bukan berarti streaming. Dengan iCloud Anda bisa mengunduh lagu langsung yang sudah dibeli memakai iTunes langsung di iPhone/iPad tanpa harus browsing iTunes Music Store. Lagu-lagu yang dibeli dari suatu perangkat akan tersedia di perangkat lainnya.
Untuk menyimpannya di iCloud perlu dengan berlangganan iTunes Match sebesar $25/tahun.
>> Tidak perlu pusing sinkronisasi photo
Alur kerja saat ini ketika mengambil foto menggunakan iPhone. Foto di iPhone, kemudian colok ke Mac, Sync ke iPhoto. Kalau ingin dipindahkan ke iPad, colok iPad ke Mac, buka iPhoto, buka iTunes kemudian Sync. Ribet!
Dengan iCloud, foto yang Anda ambil menggunakan iPhone bisa langsung tersinkronisasi ke perangkat lain yang terotorisasi dengan fitur Photo Stream. Simpel!
Namun, semua foto yang tersimpan di Photo Stream akan dihapus setelah 30 hari. Oleh karena itu, segera unduh foto yang diinginkan ke iPhoto atau folder My Pictures di PC
>> Dokumen di awan
Ketika di luar Anda menulis menggunakan iPad memakai Pages. Kemudian menyimpannya, ketika sampai di rumah, dokumen tadi sudah tersedia di Mac. Tidak perlu lagi colok iTunes dan sinkronisasi dokumen.
Saat ini iWork seperti Pages, Keynote dan Numbers mendukung iCloud. Aplikasinya lainnya pasti akan mendukung iCloud untuk kemudahan para penggunanya.
>> Aplikasi Anda tersedia kapanpun
Sebagai bagian dari iTunes in the Cloud, iCloud akan menyimpan data semua aplikasi yang pernah Anda beli. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut tanpa harus mencari dan menekan tombol BUY lagi. Untuk pembelian aplikasi baru akan langsung tersinkronisasi dengan perankat lainnya, siap untuk digunakan.
>> Sinkronisasi iBooks
Selain sinkronisasi library iBooks, iCloud juga akan menyimpan bookmark. Anda bisa melanjutkan membaca buku di iPhone dari posisi bookmark yang ada di iPad. Selain itu semuah notasi iBooks juga akan tersinkronisasi.
>> Sinkronisasi iCal, Mail, Bookmark
Fitur yang paling mendasar untuk produktivitas adalah kemampuan untuk sinkronisasi iCal, email melalui Mail.app dan Bookmark di safari. Fitur ini tidak ada bedanya dengan MobileMe saat ini. Proses sinkronisasi akan tetap berjalan di belakang layar.
>> Find My Friends
Nanti ketika memakai iOS 5 kita bisa berbagi lokasi kita sendiri dengan teman-teman. Misalnya Anda janjian ketemuan di suatu tempat yang tidak begitu Anda kenal, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Friend untuk mencari dimana posisi teman-teman Anda yang dipakai sebagai panduan mencari jalan. Find My Friends ini bisa mengetahui seberapa jauh teman Anda dari lokasi Anda dan melihatnya posisi mereka di peta. Cocok utuk pacar yang posesif atau orang tua yang protektif.
>> Find My iPhone
Find My iPhone telah penyelamat bagi yang kehilangan atau kerampokan iPhone. Banyak cerita sukses mengenai kembalinya iPhone yang hilang. Fitur Find My iPhone yang sudah lama ada juga di lanjutkan di iCloud. Tidak ada perubahan yang mendasar dari Find My iPhone. Bedanya Anda untuk melihat lokasi iPhone/iPad Anda harus masuk ke iCloud.com bukan lagi ke Me.com.
>> Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang iCloud maka anda dapat melihat disini atau disini

Apakah teknologi semacam itu dapat dinikmati di android?
Jawabnya: DAPAT. Sebenarnya kita sudah sering kali menemukannya di android, namun anda tidak menyadarinya
Contoh fasilitas cloud dari google:
Dengan gmail maka anda bisa men-sync setiap surat elektronik dan kontak anda secara online dan dapat di sync juga di gadget anda yang lain
Kalender Google juga merupakan teknologi cloud, anda dapat mengakses jadwal anda melalui gadget anda yang lain, biasa kalender google otomatis ter sync ketika anda masuk akun google dari android anda
Dari Android Market anda dapat membuat cadangan dari semua aplikasi yang telah anda install, jadi jika Anda menghapus ponsel Anda, install ROM baru atau membeli telepon baru aplikasi anda akan mulai men-download aplikasi yang anda cadangkan tersebut dengan segera. Sayangnya android market tidak akan mem-backup data aplikasi tetapi ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan itu. Saya pribadi merekomendasikan Backup Titanium karena memiliki kemampuan untuk sync backup dengan Dropbox


Google Android+ adalah aplikasi yang secara otomatis akan menyelaraskan foto anda yang diambil pada perangkat. Foto synced akan mencadangkan foto anda ke akun Picasa Anda di mana Anda mendapatkan ruang sebesar 1GB gratis untuk penyimpanan foto. Picasa, menjadi layanan web, dimana anda tidak diperlukan untuk mengunduh atau melihat foto, sehingga mereka dapat dengan mudah dilihat dalam browser web, tablet telepon dan PC.
Salah satu fitur yang ditawarkan oleh google dimana anda bisa menambah,mengedit dan menarik data dokumen anda dimanapun anda berada, seperti layaknya menggunakan microsoft office (word,excel,etc)
Google book juga merupakan salah satu fitur dari google untuk sistem cloud yang akan terintegrasi dengan android anda, anda dapat mengakses buku elektronik anda dimanapun dan kapanpun
Fitur ini tidak asing lagi bagi anda,google map adalah fitur pemindai yang akan menandai dimana anda berada begitu juga HH android anda, sehingga bisa juga dapat anda gunakan ketika HH android anda hilang (tentu saja dengan atau tanpa aplikasi pihak ketiga)
Bagi anda pecinta musik yang tidak ingin ketinggalan dan ingin mendengar music anda dimanapun, anda dapat menggunakan fitur ini sebagai ganti iTunes (walau tidak sama persis fiturnya)

Itu adalah sebagian contoh fitur cloud pada google, anda dapat menemukan fitur dengan sistem cloud pada internet yang lainnya, sebagai contoh:
CloudMe (menyerupai iCloud)

Kesimpulan:
Masihkah anda kurang puas dengan android anda? Karena hampir sebagian besar fitur sistem cloud pada android menyerupai fitur pada iCloud di iOS? Jawabannya kembali pada anda sendiri :)
creative innovation

creative innovation

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.