Breaking News
recent

Salah Kaprah Tentang Android



Sering kita mendengar dan membaca orang-orang di dunia maya bilang istilah Agan,Mastah,dan Nuby. Sebenarnya apakah itu? Darimana asal mula katanya? Biasanya kata-kata ini sering muncul dari Kaskuser dan merebak ke jejaring sosial yang lain. Sebenarnya Nuby itu kata dasarnya Newbie (pemula) dan kata Mastah itu dasarnya dari master (tingkatan expert lah),dan tambahan lain Sesepuh atau Suhu.
Dan kata-kata Agan sendiri menurut saya berarti saudara atau sahabat,atau mungkin berasal dari kata juragan disingkat agan :D ,hehe..mungkin maksudnya supaya terdengar lebih akrab saja. Dan kadang yang jadi persoalan itu siapa yang layak disebut mastah/suhu ataupun nuby? Apakah seseorang yang punya ilmu android yang medalam itu sudah dikatakan mastah? Orang yang bisa rooting,custom ROM,bahkan memasak ROM sudah bisa dikatakan Mastah? Mari kita bahas disini.
Mungkin kesalahan orang selama ini android itu identik dengan Oprekan atau sejenisnya,jika tidak begitu maka jangan harap bisa dianggap berAndroid sejati,setujukah anda? Padahal banyak orang awam yang belum mengerti tentang OS android akan menjadi ragu dalam membeli dan memakai Handphone/Tablet berbasis android karna salah kaprah atau anggapan yang mengatakan bahwa android itu susah/ribet atau harus oprek.
Sebenarnya OS android itu terbuka untuk semua kalangan, bisa bisnisman,pemakai biasa,praktisi IT, Opreker, ataupun Penggila Jejaring sosial. Jadi jangan takut untuk memulai dan memakai Android, Tanpa anda Oprek atau maximalkan pun sebenarnya Hp/Tablet anda sudah sangat baik dan bisa melebihi Hp ber OS lain.

Kalau menurut saya ada beberapa bagian ataupun tinggkatan dalam pemakai/pengguna android.
1. Pemakai Biasa
Biasanya Pemakai jenis ini hanya menggunakan dan memakai Hp/Tabletnya untuk urusan yang biasa saja atau yang umum,seperti pemakaian internet biasa,chat biasa,telpon ataupun SMS. Apakah ini disebut Nuby? Menurut saya tidak juga.Setiap orang itu punya hak dan keinginan yang berbeda terhadap sesuatu,jadi sah-sah saja mereka hanya menggunakan gadgetnya seperlunya saja,bukan berarti mereka golongan ini bodoh.

2. Penggila Online/Chatting
Maaf,biasanya penggila Chatting itu kebanyakan dari pengguna Gadget ber OS BB, memang ada fitur yang membuat mereka tergila-gila yaitu seperti BBM,ini terjadi bukan karna keamanannya yang sangat bagus tapi menurut saya pengguna BBM diindonesia itu banyak karna memang komunitasnya sudah sangat besar dan terorganisr dengan baik. Apakah OS android bisa? Jawabannya tentu bisa dan sangat bisa. Kalau buat saya pribadi ada banyak pilihan Aplikasi Chat di OS android yang sangat baik dan bagus. Kita bisa tinggal memilih mana yang terbaik,dan pihak Google sendiripun sudah menyiapkan Jejaring sosial Google Plus,dan intergarasinya telah sangat baik di OS android. Dan bahkan untuk Browsing dan downloading sendiri menurut saya OS android menawarkan lebih dari OS lain,seperti tampilan web yang bisa Full,bahkan support flash (bagi yang tak support tak masalah kok :D ). Dan pertanyaanya,apakah pengguna Android di kelas ini dikenal dengan sebuatan alay atau nuby? Jawabannya Tidak.
3. Bisnisman
Saya rasa tak ada salahnya juga para Pebisnis masuk golongan disini.Mungkin kebanyakan masih didominasi BB atapun pengguna Iphone dari IOS. Menurut saya mereka yang menggunakan Iphone untuk bisnisman akan terlihat ekslusif dan berkelas sehingga menaikkan kelas mereka.sedangkan bisnisman di pengguna BB biasanya sudah tertata dari dahulu,mungkin kemananan BBM nya yg bagus dan Email yang baik,tapi apakah setujukah anda?
Menurut saya tak selalu begitu, Bisnisman di Android sudah lebih cerdas dan baik menurut saya,kenapa? Setau saya Pengelolalaan Email diAndroid sudah sangat baik dan maximal tidak dibatasi berapa besar file yang masuk dan tanpa akan kehilangan email sebelumnya.dan selain dari itu banyak fitu-fitur google yang sinkron lansung dengan OS android seperti Google calender,Gmail,Google Docs dll. Jadi apakah pengguna android yang hanya menggunakan fitur ini dikatakan nuby? Jawabannya tidak.

4. Programer
Mungkin sudah banyak yang tau apa itu programer, kenapa tidak disebut developer saja? Menurut saya artinya berbeda. Singkatnya Programer itu Orang yang berprofesi atau orang yang bertugas sebagai penulis dan pembuat program-program komputer (Lebih lengkap search di Google) .dan Developer adalah pengembang,bisa perseorangan atau kelompok/organisasi.dan seorang Programer menulis beberapa program untuk menciptakan sebuah aplikasi Android itu sudah termasuk developer. Tingkatan atau kelompok ini dikenal sebagai penggiat yang hobby akan penciptaan sesuatu. Banyak ahli IT yang terjun dibidang ini,tentunya untuk menciptakan atau membuat aplikasi yang berguna untuk OS yang digunakan seperti Android dan bisa dijadikan lahan bisnis juga :D. Orang umum sekalipun juga banyak yang hebat Sebagai Programer, telah banyak aplikasi yang mereka buat dan bermanfaat untuk digunakan. Pertanyaannya,apakah tingkatan/kelompok ini sudah dikatakan Master? Baca terus Tulisan ini.

5. Ahli Sistem
Kenapa saya sebut ahli sytem? Menurut saya orang-orang yang menggunakan dan bisa memaksimalkan hardware dan system dari gadget android sudah bisa dikatakan ahli system. Jika dia perguruan tinggi komputer boleh dibilang jurusan Sytem Komputer. Menurut saya ada beberapa tingkatan dalam bagian ini,mulai dasar seperti Rooting,Flashing,Upgrading,Custom Rom,Overlocking sampai dengan Memasak ROM.Seorang yang pemahamannya lebih banyak dibagian ini tentu bisa memikirkan dan membuat Gadget Android menjadi maximal yang tidak didapatkan pada waktu pembelian awal.sebagai contoh :
a. Galaxy Mini tidak Support Flash, maka mereka bisa mencari jalan keluarnya supaya bisa menjadi support flash.
b. Galaxy Ace tidak dapat Upgrade Resmi ke ICS, mungkin bisa dipakai dan digunakan Beberapa Custom ROM yang support untuk itu. Caranya? Search google atau Kaskus.
c. Galaxy Y tidak dapat Upgrade Resmi ke ICS dan Custom ROM pun belum ada yang support,maka seorang ahli sytem tentu bisa membuat dan memikirkan bagaimana caranya sebuah gadget yang jelas-jelas hardwarenya sangat tidak memadai untuk itu,tentunya dengan membuat dan menciptakan Custom ROM sendiri.
d. Ada banyak contoh lain yang bisa kita ambil, seperti ahli jaringan dan keamanan,dll.
Dan pertanyaannya,apakah kelompok ini sudah bisa dikatakan Master?
Menurut saya tak ad orang yang benar-benar ahli disemua bidang,yang ada hanyalah orang yang mau belajar dan membaca lebih banyak dari orang kebanyakan. kesimpulannya semua pengguna android itu sudah Pintar :D
Jadi Pertanyaannya siapa itu master,Mastah ataupun Nuby? Jika anda bisa menemukan sebuah teknologi baru,menciptakan OS baru dan membuat sesuatu yang belum ada maka andalah seorang Master sebenarnya

Nb : Buat Agan semua,mohon saran dan kritik membangun di tulisan ini.banyak kurang mohon ditambahkan,saya juga manusia punya banyak kekurangan. salam Droid Indonesia
Penulis : Indra PianoPutih

WhiteDroid

WhiteDroid

17 comments:

  1. (づ ̄ ³ ̄)づ artikelnya bagus banget dan sayah petamaxxx muwahaha..
    setuju banget ga ada yg master dan ga ada nubi yg ada adalah kemauan untuk belajar dan mencoba hal yang baru.... caranya bertanya dan mencoba.. buktinya gw lulusan sekolah perhotelan yg terjebak di dunia android dan tentunya sayah sangat menikmati αρα yg ada di android walopun hanya sekedar rooting saja ヽ(´▽`) ノ

    ReplyDelete
  2. Ya benar,terimakasih gan komentarnya ^_^

    ReplyDelete
  3. hmm,,,
    mantab!!!

    Mari kita coba belajar ngulik tentunya atas panduan dari Droid Indonesia :)

    salam Droid Indonesia

    ReplyDelete
  4. Betul juga, semua pengguna Android sdh pintar...
    Cuma org bodoh yg mengatakan ponsel Android ribet, hihihihi pe"ACE"
    Coba aja pakai Android SmartPhone maka Anda juga menjadi SmartHuman !
    Kalo gak pintar buat apa pakai OS Android, ya gak ?

    ReplyDelete
  5. si agan banyak tanya, dan dijawab sendiri.
    Monolog

    ReplyDelete
  6. sepintar pintarnya orang,belum bisa dikatakan pintar kalo dia belum memakai android...hehe

    ReplyDelete
  7. kita juga punya nih jurnal mengenai Android silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1115/1/11107824.pdf

    ReplyDelete
  8. masih awam banget nih tentang android, fitur2 apa aja sih yang jd keunggulan android

    ReplyDelete
  9. tolong dibantuw ya agan agan sekalian

    ReplyDelete
  10. asek..
    salam kenal nobita dari sekolah kesehatan kerja di toko pertanian ..
    mengenal cwm dari chip mtk.. dan masih penasaran ,.. hehehe

    ReplyDelete
  11. artikel yg bagus dan menarik, saya sepakat dg yg agan katakan " semua pengguna android itu sdah pintar " , pengguna android sama saja, trserah mereka mau gunainnya buat apa. yg master hanyalah yg bisa membuat sesuatu yg baru yg lebih wow...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.