Breaking News
recent

Tips Menggunakan Kontak Bersama

Ide ini berawal dari acara KOPDAR ONLINE sesama admin Android di Indonesia, waktu itu kami mencoba mengadakan semacam acara Kopdar Online atau istilahnya acara kumpul bersama yg anggota awalnya berasal dari sesama Admin android baik regional maupun yg bersifat Android. Pada awalnya kami mencoba mengadakan Kopdar di salah satu Aplikasi Messenger yaitu WhatsApp,dikarnakan aplikasi tersebut hanya memakai nomor HH dan bukan sejenis ID maka banyak identitas Admin yang tidak diketahui, apalagi setiap Admin yang baru bergabung pasti berulang menanyakan "itu diatas nomor siapa ya? ". Nah ad yang mengusulkan memanfaatkan jasa google dock sehingga data-data setiap Admin diisi secara online sehingga nanti data setiap Admin akan terdata dengan baik dan jelas. Sebenarnya ada cara lain yang lebih simple dan cepat dalam mendata tanpa perlu susah payah melihat dan mengisi kembali data-data tersebut, yaitu dengan memanfaatkan jasa sinkroniasi email android yaitu gmail. Intinya begini,hanya perlu satu orang yg mendata setiap anggota dan anggota yang lain cukup mengsingkronkan email yang telah diisi data tersebut. dan isitlah ini saya sebut "Gmail Bersama".


Apa itu Gmail bersama?
Seperti yang saya jelaskan diatas, adalah sebuah account atau email yang akan dipakai dan dipergunakan secara bersama sehingga setiap anggota atau orang yg memiliki atau yang berhak memakai email ini akan mendapat data bersama dengan orang pemilik utama tersebut. Lebih jelasnya kita lihat gambar dibawah.



Dari gambar diatas dapat dilihat semua data yg disimpan di server gmail online (Awan) akan bisa diakses secara bersama oleh setiap perangkat android yang terhubung atau singkron dengan email yang aktif tersebut. Jasa seperti ini bisa kita manfaatkan dalam skala besar atau kelompok hingga akan lebih memudahkan sehingga proses penyalinan akan cepat terjadi. Buat yang jarang Online jangan takut, kita hanya perlu sinkron sekali dengan internet dan waktu berikutnya tetap bisa dipakai secara Offline.

Bagi yang masih ragu ini caranya :
  1. Sebelumnya harus punya account Gmail dan jika belum punya bisa di sign up melalui PC atau HH androidmu,dan setelah itu Login ke Androidmu.
  2. Jika setelah Login maka silahkan sinkronkan Gmail yang telah kita buat, bisa dilihat dipengaturan >> account dan sinkron >> tambah account dan sinkronkan.
  3. Jika telah sinkron maka kita bisa lansung buat kontak baru dan silahkan catat dan masukkan data-data informasi, berikut nomor orang yg akan kita bagikan bersama. Dan jika sudah selesai maka data sudah bisa kita bagikan bersama.


Nb : Bagi yang copy tulisan harap cantumkan sumber

Sumber : Pribadi
WhiteDroid

WhiteDroid

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.